logo

S1 - Arsitektur

Institut Teknologi Calvin

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang S1 - Arsitektur di Institut Teknologi Calvin

Jurusan Arsitektur adalah program studi yang mendalami seni, ilmu, dan praktek desain dan konstruksi bangunan. Tujuan utama dari program ini adalah membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk merancang ruang dan bangunan yang berfungsi baik secara estetika maupun teknis. Jurusan Arsitektur mengintegrasikan konsep desain, ilmu teknik, dan konteks sosial untuk membentuk calon arsitek yang kreatif dan berkualitas. Mahasiswa Arsitektur diajarkan untuk menggabungkan elemen estetika dan fungsi dalam desain, memahami teori desain, dan menguasai teknik rendering untuk menyajikan ide secara visual. Mereka juga belajar merancang dengan mempertimbangkan keberlanjutan, efisiensi energi, dan dampak lingkungan dari proyek arsitektur. Mereka juga akan mengimplementasikan secara langsung teori yang telah dipelajari melalui proyek-proyek desain, workshop konstruksi, serta kunjungan ke lokasi proyek. Nantinya, lulusan Jurusan Arsitektur memiliki berbagai peluang karir, termasuk sebagai arsitek, desainer interior, peneliti desain, atau dosen arsitektur.

Program Studi Sarjana Architectural and Sustainable Design (S.Ars.) akan mengajarkan dan mengembangkan tiga pilar arsitektur: desain arsitektur (architectural design), desain perkotaan (urban design), dan teknologi digital dan keberlanjutan (digital technology and sustainability). Dalam mengembangkan tiga pilar di atas, program studi ini secara khusus memperhatikan kreativitas desain yang berkonsep “think global act local” dan pencapaian efisiensi kinerja yang tinggi melalui proses desain yang lebih komprehensif dan terintegrasi antara berbagai bidang ilmu, sesuatu yang masih menjadi kendala di dalam perkembangan arsitektur dan konstruksi di Indonesia.

Secara khusus dan mendalam, program studi ini akan menitikberatkan green building dan sustainability. Program studi ini juga akan melibatkan tenaga pengajar dari industri, baik lokal maupun internasional, untuk memberikan wawasan yang luas, aplikatif, dan terkini kepada mahasiswa.

Semuanya dengan harapan bahwa program studi ini akan menjadi salah satu yang terbaik dan terdepan dalam meresponi pertumbuhan populasi penduduk Indonesia yang diikuti dengan pertumbuhan kota-kota di Indonesia. Kurikulum yang dikembangkan oleh program studi ini telah disesuaikan dengan Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi, International Union of Architects (UIA), Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI), National Architectural Accrediting Board (NAAB, Amerika Serikat), dan Korea Architectural Accrediting Board (KAAB, Korea Selatan).

Lulusan program studi ini pada umumnya akan bekerja sebagai architectural junior designerurban and city designer, dan professional architectural staff dalam berbagai perusahaan swasta maupun instansi pemerintah Indonesia. Namun demikian, sarjana lulusan program studi ini bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan lain yang relevan dengan keahliannya.

Dalam pengembangannya program studi diharapkan bisa bekerja sama dengan Program Studi lain, khususnya dengan program studi Structural & Geotechnical Engineering.

Visi:

Mendukung visi Calvin Institute of Technology (CIT)  dengan menjadi Program Studi Arsitektur yang memiliki kekhasan pada bidang desain perkotaan (urban design), desain arsitektur (architecture design) dan teknologi digital dan keberlanjutan (sustainability) dan menjadi salah satu yang unggul di tahun 2028.

Misi:

1. Menunjukkan keutamaan Tuhan dan melandaskan diri pada iman Reformasi Injili dalam setiap aspek penyelenggaraan Tridharma Program Studi Arsitektur dan perilaku kehidupan sivitas akademikanya.
2. Berpartisipasi dalam membentuk dan mengembangkan komunitas dosen dan akademisi (universitas magistrorum et scholarium) yang berpengetahuan luas, kreatif, dan beriman sesuai dengan integritas Kristen melalui pengembangan manusia seutuhnya dengan pendidikan liberal arts dan pembimbingan yang berpusatkan kepada Tuhan
3. Berperan aktif dalam kegiatan penelitian dan akademis yang unggul, inovatif, dan berintegritas di bidang Arsitektur dengan kekhasan pada bidang desain perkotaan (urban design), desain arsitektur (architecture design) dan teknologi digital dan keberlanjutan (sustainability)
4. Mewujudkan shalom penebusan Tuhan bagi lingkungan di sekitarnya melalui kepedulian, tanggung jawab, dan pengembangan komunitas dan masyarakat dalam kaitannya dengan Arsitektur.

Biaya Kuliah

Cek beragam biaya kuliah di Program Studi ini mulai dari pendaftaran hingga biaya semesternya, yuk!

Penasaran dengan biaya kuliah di Institut Teknologi Calvin?
Untuk melihat info detailnya, daftar atau masuk ke Maukuliah dulu, yuk!
Masuk atau Daftar

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat