logo

D3 - Manajemen Pemasaran

Universitas Komputer Indonesia UNIKOM

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang D3 - Manajemen Pemasaran di Universitas Komputer Indonesia UNIKOM

Program Diploma 3 (D3) Manajemen Pemasaran adalah program pendidikan tinggi yang bertujuan untuk memberikan dasar pengetahuan dan keterampilan praktis yang diperlukan untuk memahami, merencanakan, dan melaksanakan strategi pemasaran yang efektif dalam berbagai konteks bisnis. Dengan fokus pada pemasaran produk dan layanan, program ini dirancang untuk mempersiapkan para siswa untuk memasuki dunia kerja dalam bidang pemasaran atau untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Kurikulum program ini mencakup berbagai mata pelajaran yang meliputi dasar-dasar pemasaran, perilaku konsumen, riset pasar, manajemen merek, promosi penjualan, distribusi, manajemen produk, dan strategi pemasaran digital. Selama studi, mahasiswa akan terlibat dalam berbagai proyek praktis, studi kasus, dan simulasi bisnis yang memungkinkan mereka untuk mengembangkan keterampilan praktis dalam merancang dan melaksanakan kampanye pemasaran. Mereka juga akan belajar tentang penggunaan alat analisis dan perangkat lunak pemasaran yang digunakan dalam industri saat ini, seperti perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan (CRM), analisis data, dan platform media sosial. Setelah menyelesaikan studi, lulusan dapat mengejar berbagai peluang karier di berbagai sektor dan industri, termasuk perusahaan ritel, manufaktur, periklanan, agensi pemasaran digital, perbankan, dan sektor layanan.

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

major
Ekonomi dan Bisnis
Ekonomi Syariah
Jurusan Ekonomi Syariah adalah program studi yang menggabungkan prinsip-prinsip ekonomi Islam dengan teori ekonomi konvensional. Fokus utama dari program ini adalah memahami dan menerapkan prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam konteks bisnis dan keuangan modern. Mahasiswa dalam jurusan ini akan mempelajari konsep-konsep ekonomi, keuangan, dan perbankan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, yang meliputi larangan terhadap bunga (riba), spekulasi (maisir), perjudian (maysir), dan aktivitas bisnis yang dianggap tidak etis menurut hukum Islam. Mata pelajaran yang umumnya diajarkan dalam program Ekonomi Syariah mencakup prinsip-prinsip ekonomi Islam, hukum-hukum keuangan Islam, perbankan syariah, asuransi syariah, investasi syariah, pasar modal syariah, dan manajemen keuangan syariah. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari aspek hukum Islam yang relevan dengan transaksi keuangan dan bisnis, serta aplikasi teknologi terbaru dalam industri keuangan syariah. Lulusan dari jurusan Ekonomi Syariah memiliki beragam kesempatan karir di sektor keuangan dan bisnis, terutama di lembaga keuangan syariah, bank syariah, perusahaan asuransi syariah, lembaga keuangan mikro syariah, lembaga keuangan internasional, lembaga keuangan pemerintah, dan lembaga penelitian atau konsultan yang fokus pada ekonomi dan keuangan syariah. Mereka juga dapat terlibat dalam pengembangan kebijakan ekonomi syariah di tingkat nasional maupun internasional. Dengan pertumbuhan industri keuangan syariah yang pesat di berbagai negara, lulusan ekonomi syariah memiliki prospek karir yang cerah dan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam memajukan prinsip-prinsip ekonomi Islam di dunia bisnis dan keuangan.

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat