logo

S1 - Pendidikan Fisika

Universitas Nurul Huda

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang S1 - Pendidikan Fisika di Universitas Nurul Huda

Jurusan Pendidikan Fisika adalah program studi yang bertujuan untuk melatih calon pendidik agar memiliki pemahaman yang mendalam tentang ilmu fisika serta keterampilan dalam mengajar materi tersebut secara efektif kepada siswa. Jurusan ini menekankan pada penguasaan konsep-konsep fisika, metode pengajaran yang inovatif, serta pengembangan keterampilan pedagogis yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung dan memotivasi. Selama studi, mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek fisika, mulai dari konsep dasar seperti mekanika, termodinamika, elektromagnetisme, hingga topik-topik lanjutan seperti mekanika kuantum dan relativitas. Mereka juga akan mempelajari aplikasi fisika dalam kehidupan sehari-hari, teknologi, dan ilmu pengetahuan lainnya. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari teori pembelajaran, psikologi pendidikan, serta teknologi pendidikan yang dapat diterapkan dalam pengajaran fisika, seperti pengembangan kurikulum, evaluasi pembelajaran, pembelajaran berbasis proyek, dan penggunaan teknologi dalam pengajaran. Lulusan jurusan ini dapat menjadi guru, pengembangan kurikulum, konsultan pendidikan, peneliti pendidikan, atau instruktur di lembaga pendidikan non-formal.

Deskripsi singkat tentang program studi ini.

Program Studi Pendidika Fisika (PF) didirikan berdasarkan pada SK Kemenristekdikti Nomor SK 230/D/0/2007 tanggal 30 November 2007 tentang izin pembukaan program studi Pendidikan Fisika oleh STKIP Nurul Huda dan aktif menerima mahasiswa baru sejak tahun akademik 2007/2008. Universitas Nurul Huda pada 2021 mengalami perubahan kelembagaan dari STKIP Nurul Huda menjadi Universitas Nurul Huda berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor: 477/E/O/2021 tanggal 03 November 2021.  Saat ini Akreditasi terakhir Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Nurul Huda pada tahun 2022 berdasarkan SK BAN PT NOMOR: 504/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/I/2022, dengan Akreditasi B. Selama rentang waktu 2007 sampai 2022, Program Studi Pendidikan Fisika telah dipimpin oleh beberapa ketua program studi sebagai berikut:

Dr. Erwin, M.Pd. (2007-2016)

Siti Anisatur Rofiqah, M.Pd. (2016-2023)

Diana Novitasari, M.Sc (2023-sekarang)

Program Studi Pendidikan Fisika (PF) adalah salah satu program studi di bawah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Nurul Huda.

PF memiliki visi menjadikan Program Studi Pendidikan Fisika pada tahun 2030 unggul dalam IPTEK berbasis Ecotechnopreneurship, religious berlandaskan Aswaja Annahdliyah. Adapun tujuan PF ialah untuk mempersiapkan Sarjana (S1) yang memiliki keahlian dalam bidang pendidikan fisika serta religious berlandaskan Aswaja Annahdliyah, responsive tuntutan dunia kerja, khususnya keahlian dalam bidang kependidikan fisika, asisten peneliti, pengembang bahan ajar dan pengelola laboratorium IPA sesuai dengan perkembangan IPTEK berbasis Ecotechnopreneurship, dan Karya dalam bidang pendidikan fisika tersebut dapat diterapkan untuk meningkatkan hubungan yang sinergis antara Program Studi Pendidikan Fisika dengan masyarakat/pemangku kepentingan (Stakeholders) dan Ecotechnopreneurship.

Visi

Tahun 2030 menjadi Program Studi Pendidikan Fisika yang unggul dalam IPTEK berbasis Ecotechnopreneurship, religious berlandaskan Aswaja Annahdliyah.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, inovatif, dan terampil sehingga menghasilkan tenaga pendidik fisika yang professional berbasis Ecotechnopreneurship.
  2. Melaksanakan Kegiatan Penelitian sesuai dengan perkembangan IPTEK sehingga menghasilkan temuan-temuan dan inovasi dalam Pendidikan
  3. Melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka menyebar luaskan pengetahuan dan pembaharuan dalam bidang Pendidikan Fisika yang religius berlandaskan Aswaja Annahdliyah.

Tujuan

Menghasilkan:

  1. Lulusan yang berkualitas dan profesional dalam bidang pendidikan fisika serta religious berlandaskan Aswaja Annahdliyah.
  2. Lulusan yang dapat memenuhi tuntutan dunia kerja, khususnya dalam bidang kependidikan fisika, asisten peneliti, pengembang bahan ajar dan pengelola laboratorium IPA
  3. Lulusan yang mampu mengadakan penelitian dan pengabdian pada bidang pendidikan fisika sesuai dengan perkembangan IPTEK berbasis Ecotechnopreneurship;
  4. Karya dalam bidang pendidikan fisika yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hubungan yang sinergis antara Program Studi Pendidikan Fisika dengan masyarakat/pemangku kepentingan (Stakeholders) dan Ecotechnopreneurship.

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat