logo

S1 - Informatika

Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang S1 - Informatika di Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Program Studi Informatika berkonsentrasi dalam menghasilkan sarjana yang menguasai penggunaan piranti lunak (software) yang diarahkan melalui kompetensi Basis Data (Database), Jaringan Komputer (Computer Network), dan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence) termasuk penguasaan multimedia.

Informatika merupakan salah satu jurusan pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer. Dalam kata lain, bidang studi ini akan melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer yang menggunakan prinsip dan proses logika.

Visi:

Mewujudkan Program studi teknik informatika terdepan sebagai pusat penyelenggara pendidikan dan pengembangan Sumber Daya Manusia profesional dalam bidang IPTEK maupun kewirausahaan yang mampu berperan aktif dan inovatif terhadap perkembangan ICT(Information Communication Technology) dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Religius pada Tahun 2026

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang Informatika bertaraf nasional.
  2. Mendidik mahasiswa unggulan dari seluruh nusantara menjadi sarjana technopreneur di bidang Informatika efesiensi, efektivitas, dan produktivitas.
  3. Melaksanakan penelitian unggulan dan inovatif untuk mendukung pendidikan dan pengembangan keilmuan Informatika.
  4. Menerapkan hasil pendidikan dan penelitian untuk pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ICT dalam arti luas.

Kompetensi:

  1. Menguasai konsep dan prinsip-prinsip mekanisme kerja komputer yang meliputi teknik representasi dan penalaran, teknik pencarian, agent, penggalian data, dan pengembangan aplikasi cerdas pada berbagai bidang, serta menguasai konsep kecerdasan buatan dalam sistem digital.
  2. Mempunyai etika profesi dan sikap professional yang tinggi berdasarkan ketaqwaan terhadap Tuhan YME dan kecintaan terhadap tanah air
  3. Mampu melakukan penelitian / karya ilmiah
  4. Menguasai konsep sistem dan dasar-dasar jaringan komputer, komputasi berbasis jaringan dan teknologi terkini yang terkait dengannya. Komputasi terdistribusi serta keamanan informasi dan jaringan.
  5. Menguasai konsep dan prinsip-prinsip : perancangan dan pembangunan perangkat lunak dengan metode perencanaan, rekayasa kebutuhan, perancangan, pengimplementasian, pengujian, dan peluncuran yang baku dan ilmiah, dan menghasilkan produk perangkat lunak yang memenuhi berbagai parameter kualitas secara teknik maupun manajerial, serta menguasai konsep dan prinsip-prinsip : pemrograman umum maupun bahasa pemrograman berorientasi objek, pembuatan aplikasi web, aplikasi desktop, aplikasi mobile, pembuatan suatu algoritma dan berbagai macam konsep bahasa pemrograman.
  6. Menguasai konsep dan prinsip-prinsip grafika komputer meliputi pemodelan, rendering, animasi dan visualisasi, serta pengolahan data multimedia meliputi animasi 2D dan 3D, aplikasi game dan pemrograman game.
  7. Mampu menjadi entrepreneour dan berwirausaha di bidang teknik informatika

Biaya Kuliah

Cek beragam biaya kuliah di Program Studi ini mulai dari pendaftaran hingga biaya semesternya, yuk!

Penasaran dengan biaya kuliah di Universitas Islam Al-Ihya Kuningan?
Untuk melihat info detailnya, daftar atau masuk ke Maukuliah dulu, yuk!
Masuk atau Daftar

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat