logo

D3 - Teknologi Laboratorium Medis

Poltekkes Muhammadiyah Makassar

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang D3 - Teknologi Laboratorium Medis di Poltekkes Muhammadiyah Makassar

Teknologi Laboratorium Medis (TLM) adalah pelayanan laboratorium kesehatan untuk mengetahui keadaan tubuh seseorang terhadap kondisi suatu penyakit dengan cara melakukan analisis terhadap cairan dan jaringan tubuh manusia.

Salah satu unsur tenaga kesehatan yang sangat dibutuhkan dalam penegakan diagnosa suatu penyakit adalah teknisi laboratorium dalam hal ini adalah tenaga analis kesehatan.

Berdasarkan kebutuhan tersebut diatas, maka Muhammadiyah turut berperan serta dengan menyelenggarakan pendidikan Analis Kesehatan yakni Akademi Analis Kesehatan Muhammadiyah Makassar (Rekomendasi BPPSDM DEPKES No.HK.03.241.A3141.2007 dan izin Mendiknas RI No.141/D/O/2007).

Dengan kehadiran Prodi Teknologi Laboratorium Medis, yang dulunya bernama Akademi Analis Kesehatan Muhammadiyah Makassar, diharapkan melahirkan tenaga Analis Kesehatan beriman dan bertaqwa serta professional dalam hal peningkatan mutu pelayanan kesehatan khususnya dibidang laboratorium kesehatan.

Berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (Perkumpulan Lam-PTKes) Nomor : 0257/Lam-PTKes/Akr/Dip/IV/2018 Tentang Status, Nilai dan Peringkat Akreditasi AAK Muhammadiyah Makassar berhasil meraih Peringkat B dengan nilai 336.

Hasil adalah implementasi dari kerjasama team yang menjadikan motivasi untuk terus berbenah diri, meningkatkan kualitas dan kompetensi dosen serta berkiprah dan berprestasi sehingga menghasilkan Ahli Madya Analis Kesehatan yang sesuai dengan Visi dan Misi.

Visi:

"Terwujudnya Pusat Pendidikan DIII Analis Kesehatan Yang Unggul Di Bidang Toksikologi Klinik, Menghasilkan Tenaga Ahli Profesional, Kompetitif, Berjati Diri Islami Dan Kemuhammadiyahan Di Kawasan Timur Indonesia Pada Tahun 2022"

Misi:

  1. Menyelenggarakan Catur Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas dan kompetitif di Kawasan Timur Indonesia sesuai dengan kebutuhan stakeholders.
  2. Mengembangkan tenaga ahli yang profesional di bidang toksikologi klinik, kompetitif dan berakhlak mulia yang berlandaskan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan.
  3. Meningkatkan hubungan kemitraan dengan berbagai pihak terkait dengan instansi pemerintah maupun swasta dibidang analis kesehatan.

 

Download Brosur Disini

Biaya Kuliah

Cek beragam biaya kuliah di Program Studi ini mulai dari pendaftaran hingga biaya semesternya, yuk!

Penasaran dengan biaya kuliah di Poltekkes Muhammadiyah Makassar?
Untuk melihat info detailnya, daftar atau masuk ke Maukuliah dulu, yuk!
Masuk atau Daftar

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

major
Ilmu Kesehatan dan Olahraga
Kedokteran
Kedokteran adalah bidang ilmu yang berkaitan dengan studi, diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit serta cedera pada manusia. Praktik kedokteran melibatkan penggunaan pengetahuan ilmiah dan keterampilan klinis untuk mengobati pasien dan mempromosikan kesehatan secara keseluruhan. Untuk menjadi dokter, seseorang harus menyelesaikan pendidikan medis yang meliputi kuliah kedokteran dan program residensi. Pendidikan ini mencakup studi mendalam tentang ilmu dasar seperti anatomi, fisiologi, biokimia, farmakologi, patologi, dan mikrobiologi, serta penerapan klinis dari pengetahuan ini. Dokter dilatih untuk mendiagnosis kondisi medis dengan menggunakan berbagai teknik evaluasi seperti pemeriksaan fisik, tes laboratorium, pencitraan medis, dan prosedur diagnostik lainnya. Mereka kemudian meresepkan perawatan yang tepat, termasuk obat-obatan, terapi fisik, intervensi bedah, atau tindakan medis lainnya sesuai dengan kondisi pasien. Selain mengobati penyakit, dokter juga berperan penting dalam mendorong pencegahan penyakit dan promosi kesehatan. Mereka memberikan nasihat kepada pasien tentang gaya hidup sehat, vaksinasi, skrining penyakit, dan tindakan pencegahan lainnya guna mencegah penyakit dan memelihara kesehatan secara keseluruhan. Kedokteran meliputi berbagai spesialisasi yang memungkinkan dokter untuk fokus pada bidang-bidang khusus seperti bedah, pediatri, kardiologi, onkologi, neurologi, psikiatri, dan banyak lagi. Spesialisasi ini membutuhkan pelatihan tambahan yang mendalam setelah menyelesaikan pendidikan medis dasar. Kedokteran adalah salah satu profesi paling mulia yang menuntut dedikasi, komitmen, dan pelayanan yang berkelanjutan terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat