logo

D3 - Manajemen Lalu Lintas Udara

Politeknik Penerbangan Makassar

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang D3 - Manajemen Lalu Lintas Udara di Politeknik Penerbangan Makassar

Jurusan Manajemen Lalu Lintas Udara adalah program pendidikan yang bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam manajemen, pengaturan, dan operasi sistem lalu lintas udara yang kompleks. Program ini mencakup berbagai aspek dari pengelolaan lalu lintas udara, termasuk navigasi udara, keselamatan penerbangan, regulasi penerbangan, dan manajemen operasional bandara. Memahami prinsip-prinsip navigasi udara, termasuk sistem navigasi, peta udara, penerbangan instrumen, dan perencanaan rute penerbangan. Belajar tentang manajemen lalu lintas udara, termasuk perencanaan lalu lintas udara, pengaturan jalur penerbangan, dan koordinasi antara kontrol lalu lintas udara dan maskapai penerbangan. Program Jurusan Manajemen Lalu Lintas Udara bertujuan untuk melatih mahasiswa menjadi profesional yang kompeten dalam manajemen lalu lintas udara. Dengan kombinasi teori, praktik, dan pengalaman lapangan, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk berkontribusi dalam industri penerbangan yang kompleks dan berkembang pesat.

Program Studi Manajemen Lalu Lintas Udara dengan jenjang Diploma III adalah program studi yang mampu menghasilkan para lulusan yang memiliki standar kompetensi di bidang Navigasi Penerbangan sesuai dengan peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 14 tahun 2019 tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (CASR part 69) Lisensi, Rating, Pelatihan, dan Kecakapan Personel Navigasi Penerbangan. Serta Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 85 Tahun 2021 tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 143 tentang Lembaga Penyelenggara Pendidikan dan/atau Pelatihan Bidang Navigasi Penerbangan.

Dalam peraturan tersebut dimuat bahwa Standar Kompetensi Personil Navigasi Penerbangan mampu memberikan dan/atau mengawasi pengawasan aerodrome control dan approach control di satu atau beberapa aerodrome dalam ruang udara, melayani dan/atau mengawasi pemberian air traffic advisory flight information dan alerting service terhadap pesawat udara yang melakukan penerbangan di aeroderome filght information zone (AFIZ), heliport dan penerbangan jelajah atau enroute diluar wilayah control airspace, mampu melaksanakan pelayanan pengoperasian distribusi data/informasi penerbangan baik menggunakan voice maupun data menggunakan perangkat komunikasi AFS, mampu memberikan pelayan informasi aeronautika dan peta penerbangan yang dibuktikan dengan penerbitan sertifikat kompetensi oleh penyelenggara pendidikan dan penerbitan lisensi Manajemen Lalu Lintas Udara oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Dengan kompetensi dan lisensi yang dimiliki, para lulusan akan menjadi personil penerbangan di bidang Navigasi Penerbangan dan tenaga pengajar.

Visi:

Sebagai pusat pengembangan pendidikan dan pelatihan penerbangan  khususnya dalam bidang pelayanan lalu lintas udara bertaraf internasional  pada tahun 2025.

Misi:

  1. Meningkatkan tingkat keefektifan sistem, manajemen organisasi dan sumber daya  program studi Manajemen Lalu Lintas Udara Politeknik Penerbangan  Makassar agar lebih optimal untuk mewujudkan lembaga yang unggul dalam pendidikan,  penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan penyediaan informasi di bidang pelayanan  lalu lintas udara.
  2. Menyelenggarakan program studi pembelajaran yang efektif dan efisien untuk  menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademik yang tinggi di bidang  pelayanan lalu lintas udara, berakhlak mulia, memiliki attitude yang baik dan aktif  membangun lingkungan di sekitar kampus, baik di tingkat regional, nasional maupun  internasional.
  3. Menyelenggarakan penelitian di bidang pelayanan lalu lintas udara untuk  mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, menghasilkan karya yang lebih  inovatif, visioner dan monumental.
  4. Melaksanakan pengabdian masyarakat untuk diterapkan kepada masyarakat sekitar serta  memberikan layanan informasi iptek di bidangnya.

Kompetensi:

  1. Approach Control Procedure (APP)
  2. Aerodrome Control Tower (TWR)
  3. Flight Information (FI)
  4. Aeronautical Fixed (AF)
  5. Publication (PUB)
  6. Cartography (CAD)

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat