logo

D3 - Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

Politeknik Bina Trada Semarang

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang D3 - Rekam Medis dan Informasi Kesehatan di Politeknik Bina Trada Semarang

Program studi rekam medis adalah bidang keilmuan yang berkaitan dengan pengelolaan informasi kesehatan. Mahasiswa yang kuliah pada jurusan ini akan belajar berbagai hal yang terkait dengan pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, dan penggunaan informasi medis yang efektif dan efisien.

Sistem Rekam Medis dan Informasi Kesehatan di institusi pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, dll yang terintegrasi dan akurat merupakan proses aktivitas penting melalui sistem pencatatan, pengolahan dan analisis data medis secara lengkap, akurat, tepat waktu dan terintegrasi dalam pengelolaan data pasien baik yang tertulis maupun terekam tentang identitas, amnesia, penentuan fisik, laboratorium, diagnosa segala pelayanan dan tindakan, medik yang diberikan kepada pasien dan pengobatan baik yang dirawat inap, rawat jalan maupun, gawat darurat. Data rekam medis dan informasi kesehatan sangat penting karena sebagai dasar pemeliharaan kesehatan dan pengobatan pasien, bahan pembuktian dalam perkara hukum, untuk kepentingan penelitian, dasar pembayaran biaya pelayanan kesehatan dan, bahan untuk menyiapkan statistik kesehatan.

Program studi rekam medis dan informasi Kesehatan adalah bidang keilmuan yang berkaitan dengan pengelolaan informasi kesehatan. Mahasiswa yang kuliah pada program studi  ini mempelajari hal-hal yang meliputi pencatatan, pelaporan, pengumpulan, pendaftaran, pengisian, dan analisis data terkait kebutuhan informasi untuk mendiagnosa pasien agar mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat. Salah satu kegiatan penting yang dipelajari di jurusan ini adalah coding (pengkodean), dimana perekam medis mengkodekan diagnosis penyakit ataupun tindakan pasien ke dalam kode internasional (International Classification of Diseases), analisis datadan pencatatan data kesehatan berbasis elektronik

Visi:

Menjadi Program Studi pilihan pada bidang Rekam Medis dan Informasi Kesehatan yang unggul dalam pengelolaan manajemen informasi kesehatan dan clinical coding di fasilitas pelayanan kesehatan tingkat nasional tahun 2027.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi untuk menyiapkan tenaga perekam medis yang unggul dalam pengelolaan manajemen informasi kesehatan dan clinical coding di fasilitas pelayanan kesehatan dengan berbasis pada IPTEK;
  2. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat melalui kerjasama dengan bebagai pemangku kepentingan.

Biaya Kuliah

Cek beragam biaya kuliah di Program Studi ini mulai dari pendaftaran hingga biaya semesternya, yuk!

Penasaran dengan biaya kuliah di Politeknik Bina Trada Semarang?
Untuk melihat info detailnya, daftar atau masuk ke Maukuliah dulu, yuk!
Masuk atau Daftar

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat