logo

D3 - Farmasi

Politeknik Baubau

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang D3 - Farmasi di Politeknik Baubau

Jurusan Farmasi adalah program studi yang mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional di bidang farmasi, yang berfokus pada pengetahuan, pengembangan, produksi, dan penggunaan obat-obatan untuk perawatan kesehatan. Mahasiswa mempelajari dasar ilmu kesehatan, termasuk anatomi, fisiologi, biokimia, dan mikrobiologi. Pemahaman ini penting untuk memahami interaksi obat dengan tubuh manusia dan proses penyakit. Jurusan Farmasi memberikan landasan pengetahuan dan keterampilan praktis yang diperlukan untuk menjadi seorang apoteker atau profesional farmasi lainnya. Lulusan jurusan ini memiliki pemahaman yang mendalam tentang obat-obatan dan peran mereka dalam perawatan kesehatan, serta keterampilan dalam memberikan layanan farmasi yang berkualitas dan aman kepada masyarakat.

Program Studi Diploma Tiga Farmasi Politeknik Baubau resmi berdiri pada Tanggal 20 Oktober 2015 Berdasarkan SK No. 82/KPT/I/2015 MENRISTEKDIKTI, dan saat itu dalam bentuk Akademi Tenaga Kesehatan (ATK) Baubau. Pada tanggal 04 September Tahun 2017, berdasarkan SK NO 478/KPT/I/2017, ATK Farmasi kemudian berubah menjadi Program Studi Diploma Tiga Farmasi setelah bergabung dibawah naungan Politeknik Baubau. Tujuan pendirian Diploma Tiga Farmasi adalah untuk menghasilkan Lulusan (Amd.Farm) yang handal berdasarkan kompetensinya, berdasarkan etika dan aspek legal yang berlaku. Program Studi Diploma Tiga Farmasi memiliki prospek karir atau peluang kerja sebagai berikut, Pelaksana Pelayanan Kefarmasian (pemberian informasi obat) di Apotik, Puskesmas, Rumah sakit, Klinik baik institusi Pemerintah atau swasta. Pelaksana Produksi Sediaan Farmasi di industry obat baik lembaga farmasi milik pemerintah atau swasta (Biofarma, Kalbe Farma, Kimia Farma dll). Menjadi pelaksana penjaminan mutu produksi pada pabrik obat. Menjadi operator mesin industri obat, Menjadi QC dan QA proses dan output, Menjadi distributor sediaan farmasi dengan mendirikan toko obat sendiri atau menjadi distributor PBF, Menjadi Med. Rep, Distributor bahan kimia obat dan alat-alat Kesehatan baik milik pribadi maupun pemerintah atau swasta serta Menjadi ahli madya yang diperbantukan sebagai asisten dalam penelitian, baik oleh lembaga independent, perorangan, maupun instansi milik pemerintah dalam skala nasional maupun internasional.

Visi:

Menjadi Program Studi Diploma Tiga Farmasi yang menghasilkan lulusan Tenaga Teknis Kefarmasian yang unggul dalam produksi sediaan kefarmasian, kompeten dalam pelayanan informasi obat dan berbudi pekerti luhur pada tahun 2032

Misi:

  • Menyelenggarakan pendidikan berbasis experience based learning yang menitikberatkan pada produk sediaan kefarmasian dan pelayanan informasi obat pada komunitas.

  • Menyelenggarakan pendidikan karakter yang dinamis, komunikatif dan informatif berdasarkan perkembangan teknologi.

  • Menyelenggarakan pendidikan karakter yang dinamis, komunikatif dan informatif berdasarkan perkembangan teknologi.

  • Meningkatkan jumlah kerjasama dengan industri farmasi.

  • Menyelenggarakan pendidikan yang meningkatkan kemampuan problem solving, analisis penelitian dasar, dan penerapan teoritik.

  • Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk dari penerapan ilmu pengetahuan dibidang farmasi.

  • Mewujudkan iklim kehidupan civitas akademika yang humanis, dialogis, religius, dan harmonis. 

Kompetensi:

Pelaksana Pelayanan Kefarmasian

melakukan Pelayanan kefarmasian sesuai aspek legal yang berlaku sesuai standar operasional baik di Apotek, rumah sakit atau puskesmas.

Pelaksana Produksi dan Distribusi Sediaan Farmasi

Melakukan cara pembuatan obat, obat tradisional dan kosmetik serta melakukan pendistribusian sediaan Farmasi, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai sesuai dengan kode etik dan aspek legal yang berlaku.

Teknisi Farmasi Industri

melakukan perencanaan, penerimaan, penyimpanan, pengeluaran, pengembalian, pemindahan, pemeriksaan, pengelolaan sampel, pengujian, pembuatan dan analisis, pengemasan, kalibrasi, pemeliharaan, perbaikan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan di industri farmasi dan perusahaan alat kesehatan.

Asisten peneliti

Mampu memilih metode penelitian dan cara pengumpulan data yang ilmiah, melaksanakan pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data penelitian serta menyusun laporan penelitian.

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

major
Ilmu Kesehatan dan Olahraga
Ilmu Keperawatan
Jurusan Ilmu Keperawatan merupakan program pendidikan tinggi yang bertujuan untuk melatih calon perawat yang dapat memberikan asuhan keperawatan kepada individu, keluarga, dan masyarakat. Program ini mencakup kombinasi pengetahuan ilmiah, keterampilan klinis, dan aspek etika serta sosial yang berkaitan dengan profesi keperawatan. Mahasiswa Ilmu Keperawatan memperoleh pemahaman dasar tentang ilmu kesehatan, termasuk anatomi, fisiologi, dan patologi. Ini membantu mereka memahami dasar-dasar kondisi kesehatan yang dapat mempengaruhi pasien. Program ini mencakup studi tentang konsep-konsep keperawatan, teori keperawatan, dan prinsip-prinsip asuhan keperawatan yang melibatkan pemahaman holistik tentang pasien dan proses penyembuhan. Mahasiswa belajar mengembangkan keterampilan klinis yang diperlukan untuk memberikan asuhan keperawatan yang efektif. Ini melibatkan keterampilan fisik, seperti tindakan medis dan pemeriksaan fisik, serta keterampilan komunikasi dan interaksi dengan pasien. Lulusan dari jurusan Ilmu Keperawatan memiliki peluang untuk bekerja di berbagai setting, termasuk rumah sakit, klinik, puskesmas, pelayanan kesehatan masyarakat, dan fasilitas kesehatan lainnya. Mereka dapat memilih untuk bekerja di berbagai spesialisasi, termasuk perawatan medis, keperawatan anak, keperawatan jiwa, keperawatan gerontik, atau keperawatan masyarakat. Profesi keperawatan adalah salah satu profesi yang sangat dihargai dan memberikan dampak yang signifikan dalam perawatan kesehatan.

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat