logo

S1 - Administrasi Kesehatan

Institut Teknologi Sosial dan Kesehatan Muhammadiyah Selong

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang S1 - Administrasi Kesehatan di Institut Teknologi Sosial dan Kesehatan Muhammadiyah Selong

Jurusan Administrasi Kesehatan adalah program studi yang mempersiapkan mahasiswa untuk memahami dan mengelola berbagai aspek administratif dan manajemen di bidang layanan kesehatan. Mahasiswa mempelajari prinsip-prinsip dasar kesehatan, termasuk anatomi, fisiologi, epidemiologi, dan patofisiologi. Mereka memahami dasar-dasar penyakit, pencegahan, dan promosi kesehatan. Program ini membahas konsep manajemen organisasi kesehatan, termasuk struktur organisasi, peran dan tanggung jawab staf, kebijakan dan prosedur, serta peran administratif dalam penyediaan layanan kesehatan. Jurusan Administrasi Kesehatan mempersiapkan lulusannya untuk berbagai peran di berbagai organisasi kesehatan, termasuk rumah sakit, lembaga pelayanan kesehatan, lembaga pemerintah, perusahaan asuransi kesehatan, organisasi non-profit, dan industri farmasi. Mereka dapat bekerja sebagai administrator rumah sakit, manajer layanan kesehatan, analis kebijakan kesehatan, manajer keuangan kesehatan, atau konsultan kesehatan.

Program S1 Administrasi Kesehatan mempelajari bebagai hal yang berkaitan langsung dengan aspek penerapan pelayanan Kesehatan, keperawatan, kebidanan, kedokteran, hingga kefarmasian.

Program S1 Administrasi Kesehatan akan mempersiapkan dan membekali mahasiswa dengan keilmuan dan kemampuan untuk merencanakan sekaligus mengawasi seluruh layanan fasilitas kesehatan. Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali dengan kemampuan pengelolaan dan operasional pelayanan kesehatan, pengelolaan anggaran keuangan, mengurus rekam medis, serta mengelola informasi dan komunikasi.

Visi:

" Menjadi program studi administrasi Kesehatan yang unggul dan berjiwa islami ".

Misi:

1). Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas guna menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan analitis dan praktis dalam ilmu Administrasi Kesehatan

2). Menyelenggarakan kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa dalam ilmu administrasi kesehatan, yang dapat berkontribusi dalam memecahkan masalah kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

3). Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara profesional guna meningkatkan status kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan.

4). Mengembangkan kerjasama kelembagaan dengan instansi kesehatan, industri, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat guna pengembangan dan peningkatan daya saing lulusan.

5). Mengembangkan budaya akademik bernuansa islami yang dapat mendorong tumbuh dan membudayanya sikap jujur, disiplin, bertanggung jawab, terbuka dan saling menghargai pada semua sivitas akademika.

 

Kompetensi:

1).  Administrator = Memiliki kemampuan sebagai administrator dalam mengelola fungsi dan sistem administrasi di fasilitaskesehatan dengan unggulan manajeme keuangan & sistem informasi fasilitas atau organisasi Kesehatan

2).  Manager = Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dibawah tanggung jawabnya dan mengevaluai secara komprehensif dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk menghasilkan langkah- langkah pengembangan strategis organisasi/fasilitas kesehatan.

3).  Healthpreneur = Memiliki kemampuan memanfaatkan sumber daya secar efektif dan efisien sehingga mampu memberikan nilai tambah di bidang kesehatan

4).  Komunikator = Memiliki kemampuan menggunakan komunikasi yang efektif untuk mengembangkan hubungan profesional dengan klien, pengguna layanan, penyedia layanan, dan pemangku kepentingan lainnya dalam meningkatkan kualitas organisasi kesehatan

5).  Researcher= Meneliti berbagai masalah yang berkaitan dengan bidang administrasi di berbagai sarana kesehatan, masyarakat serta beberapa lembaga research swasta.

6).  Konsultan= Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menilai/ mengevaluasi kinerja Fasilitas kesehatan dan Pelayanan Kesehatan.

 

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat