logo

S1 - Pendidikan Agama Islam

Institut Agama Islam Negeri Palopo

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang S1 - Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam Negeri Palopo

Jurusan Pendidikan Agama Islam adalah program studi yang dirancang untuk melatih calon pendidik atau guru agar memiliki keahlian khusus dalam menyampaikan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan utamanya adalah menciptakan pendidik yang mampu mengembangkan pemahaman keislaman, moralitas, dan spiritualitas pada peserta didik. Mahasiswa belajar memahami dan mengajarkan isi Al-Quran dan hadis sebagai sumber utama ajaran Islam. Mereka mempelajari metode interpretasi (tafsir) dan konteks historis untuk menyampaikan materi dengan pemahaman yang mendalam. Mahasiswa dilatih dalam metode-metode pengajaran yang efektif untuk menyampaikan materi Pendidikan Agama Islam. Ini mencakup penggunaan teknologi pendidikan, pengembangan materi ajar, dan penerapan strategi pengajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Lulusan dari jurusan Pendidikan Agama Islam biasanya dapat bekerja sebagai guru Pendidikan Agama Islam di sekolah-sekolah Islam atau sekolah-sekolah umum yang menyediakan mata pelajaran tersebut. Selain itu, mereka dapat menjadi pengembang kurikulum, penulis buku pelajaran, atau terlibat dalam penelitian dan pengembangan pendidikan Islam. Pendidik agama Islam juga dapat berperan dalam memberikan pembinaan moral dan spiritual di masyarakat.

Visi:

Pada Tahun 2025 menjadi Program Studi terkemuka dalam menyiapkan tenaga pendidik Agama Islam dan pengelola pada satuan pendidikan keagamaan Islam yang berkarakter dan berciri kearifan lokal serta memiliki wawasan Internasional.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan unggul yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap menjadi Pendidik Pendidikan Agama Islam di Sekolah / Madrasah / lembaga pendidikan keagamaan Islam lainnya.
  2. Mengembangkan penelitian yang inovatif dalam bidang pendidikan dan keislaman.
  3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat proaktif dan antisipatif (publikatif) dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama/kemitraan dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, masyarakat pengguna lulusan, dan stakeholders lainnya. Mengembangkan dan menjaga nilai, etika profesional dan moral akademis untuk pengendalian mutu program studi

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat