logo

PROF - Pendidikan Profesi Guru

Institut Agama Islam Negeri Ambon

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang PROF - Pendidikan Profesi Guru di Institut Agama Islam Negeri Ambon

Jurusan Pendidikan Profesi Guru adalah program studi yang dirancang khusus untuk melatih calon guru agar memiliki keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang dibutuhkan untuk mengajar secara efektif di tingkat pendidikan dasar dan menengah. Program ini bertujuan untuk menciptakan pendidik yang profesional, peduli, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan pendidikan. Mahasiswa diperkenalkan pada dasar-dasar pendidikan, teori pembelajaran, dan prinsip-prinsip psikologi pendidikan.Mempelajari berbagai metode pengajaran dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Jurusan Pendidikan Profesi Guru bertujuan untuk melatih guru yang siap menghadapi tantangan di kelas, memiliki pemahaman mendalam tentang pendidikan, dan memiliki keterampilan untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif. Lulusan diharapkan dapat bekerja sebagai guru profesional di berbagai tingkat pendidikan dan memainkan peran penting dalam membentuk masa depan pendidikan.

Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) IAIN Ambon resmi dengan izin penyelenggaraan program studi berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Normor 1164 Tahun 2022. Keberadaan program ini tidak terlepas dari kebijakan nasional yang bertujuan meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru di Indonesia dan pengembangan program PPG di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam.

Visi:

Visi Keilmuwan :

“Menerapkan dan Mengembangkan Keilmuwan Pendidikan Islam dengan mengintegrasikan keislaman, keilmuwan, dan teknologi dalam bingkai kemaritiman.”

Sasaran:

  1. Penguatan Integrasi Keislaman, Keilmuwan, dan Teknologi dalam Pendidikan Islam
    • Mengembangkan model pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Pengembangan Kurikulum Berbasis Kemaritiman
    • Mengadaptasi konsep pendidikan berbasis ekologi maritim dalam pembelajaran Islam.
  3. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia
    • Meningkatkan kompetensi dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa dalam memahami dan mengembangkan pendidikan Islam berbasis teknologi dan kemaritiman.
    • Meningkatkan literasi digital bagi civitas akademika dalam mendukung transformasi pendidikan Islam.
  4. Penguatan Riset dan Inovasi dalam Pendidikan Islam
    • Mengembangkan penelitian yang berfokus pada integrasi Islam, ilmu pengetahuan, dan kemaritiman.
    • Menghasilkan karya ilmiah dan publikasi dalam bidang pendidikan Islam yang berbasis kearifan lokal dan teknologi.
  5. Pengembangan Teknologi dalam Pembelajaran
    • Meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, baik melalui platform digital maupun media interaktif.
    • Mengembangkan sistem pembelajaran berbasis e-learning dan teknologi maritim untuk mendukung pendidikan Islam.
  6. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pendidikan Islam
    • Mengimplementasikan pendidikan Islam yang dapat berkontribusi pada pemberdayaan masyarakat pesisir dan kepulauan.
    • Mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat berbasis pendidikan Islam dan teknologi maritim.
  7. Kolaborasi dan Kemitraan Strategis
    • Menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan, institusi keagamaan, serta komunitas maritim dalam pengembangan pendidikan Islam.
    • Membangun sinergi dengan pemerintah dan sektor industri dalam penerapan teknologi dalam pendidikan Islam dalam bingkai kemaritiman.

Misi:

Tujuan:

  1. Menghasilkan Lulusan yang Kompeten dan Berintegritas Islami
    • Mempersiapkan lulusan yang memiliki pemahaman Islam yang kuat serta keterampilan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
    • Membentuk lulusan yang adaptif terhadap perkembangan zaman, khususnya dalam konteks maritim dan digitalisasi pendidikan.
  2. Mengembangkan Pendidikan Islam yang Relevan dengan Karakteristik Maritim
    • Menyelenggarakan pendidikan Islam yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat pesisir dan kepulauan.
    • Menerapkan nilai-nilai Islam dalam pengelolaan sumber daya maritim dan lingkungan pesisir.
  3. Meningkatkan Integrasi Keislaman, Keilmuwan, dan Teknologi dalam Pembelajaran
    • Mendorong pengembangan model pembelajaran berbasis teknologi yang tetap berlandaskan nilai-nilai Islam.
    • Menghasilkan inovasi pembelajaran yang memadukan metode tradisional dan modern dengan pendekatan kemaritiman.
  4. Memperkuat Riset dan Publikasi dalam Bidang Pendidikan Islam
    • Meningkatkan jumlah penelitian dan publikasi ilmiah terkait integrasi Islam, ilmu pengetahuan, dan teknologi maritim.
    • Mengembangkan pusat studi atau laboratorium Pendidikan Islam berbasis kemaritiman dan teknologi.
  5. Membangun Kemitraan dengan Berbagai Pihak dalam Pengembangan Pendidikan Islam
    • Menjalin kerja sama dengan institusi akademik, pemerintah, dan industri dalam penguatan pendidikan Islam berbasis teknologi dan kemaritiman.
    • Mengembangkan program pertukaran akademik dan penelitian dengan universitas serta lembaga terkait dalam dan luar negeri.
  6. Meningkatkan Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan Islam
    • Mengembangkan platform pembelajaran digital untuk mendukung proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.
    • Meningkatkan keterampilan mahasiswa dan dosen dalam pemanfaatan teknologi digital dalam pendidikan Islam.
  7. Memberdayakan Masyarakat melalui Pendidikan Islam Berbasis Kemaritiman
    • Mengembangkan program pendidikan dan pelatihan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Mendorong peran Pendidikan Islam dalam mendukung pembangunan sosial-ekonomi berbasis maritim.

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Pendidikan Sejarah
Jurusan Pendidikan Sejarah adalah program studi yang menawarkan pemahaman mendalam tentang berbagai peristiwa, tokoh, dan budaya yang membentuk perjalanan waktu manusia. Kamu tidak hanya belajar fakta-fakta historis, tetapi juga mengembangkan keterampilan analisis, penelitian, dan penyampaian informasi sejarah secara sistematis. Mereka mempelajari perkembangan masyarakat, politik, ekonomi, dan budaya dari masa ke masa, melacak transformasi peradaban, serta memahami dampaknya pada dunia kontemporer. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai metodologi penelitian sejarah, sehingga mereka dapat menyusun narasi sejarah yang kritis dan objektif. Sebagai seorang calon pendidik, tentunya kamu juga dibekali dengan keterampilan komunikasi, baik secara tertulis maupun lisan, untuk menyampaikan cerita sejarah dengan gaya yang menarik dan relevan bagi berbagai kalangan. Salah satu aspek menarik dari jurusan ini adalah kemampuan mahasiswa untuk memahami perbedaan sudut pandang dalam sejarah, mempertimbangkan berbagai narasi, dan menggali aspek-aspek yang mungkin terabaikan. Dengan demikian, mahasiswa Pendidikan Sejarah tidak hanya menjadi penjaga warisan budaya, tetapi juga agen perubahan yang dapat membentuk cara pandang masyarakat terhadap masa lalu. Dengan menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran yang interaktif dan mengasyikkan, jurusan Pendidikan Sejarah tidak hanya membentuk sejarawan masa depan, tetapi juga pendidik yang mampu menyampaikan sejarah dengan penuh semangat.
major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Pendidikan Luar Biasa
Jurusan Pendidikan Luar Biasa, seringkali disebut juga sebagai pendidikan khusus, merupakan bidang studi yang memfokuskan diri pada pembelajaran dan pengajaran bagi individu dengan kebutuhan khusus. Keberagaman kebutuhan ini melibatkan berbagai macam kondisi seperti gangguan perkembangan, ketidakmampuan belajar, hingga disabilitas fisik atau mental. Jurusan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam terhadap karakteristik dan kebutuhan unik setiap individu, sehingga para pendidik luar biasa dapat merancang strategi pembelajaran yang sesuai dan inklusif. Kamu akan diajarkan tentang berbagai metode dan teknik pengajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik para siswa mereka. Kamu juga belajar tentang pendekatan kolaboratif dengan orang tua, terapis, dan para profesional kesehatan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung secara menyeluruh. Pendidikan ini tidak hanya mencakup aspek akademis, tetapi juga pengembangan keterampilan sosial, emosional, dan kemandirian. Selain itu, kamu juga dipersiapkan untuk menjadi advokat bagi hak-hak individu dengan kebutuhan khusus, mempromosikan inklusivitas di masyarakat dan sistem pendidikan. Kamu diberdayakan untuk memahami pentingnya kesetaraan dalam pendidikan dan berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang ramah terhadap keberagaman. Dengan semangat penuh dedikasi, lulusan Jurusan Pendidikan Luar Biasa diharapkan mampu menjadi agen perubahan positif dalam dunia pendidikan, menyumbang pada terwujudnya masyarakat yang inklusif dan memberikan peluang belajar yang setara bagi semua individu, tanpa memandang perbedaan.
major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Pendidikan Bahasa Indonesia
Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia adalah bidang ilmu yang bertujuan untuk mendalami berbagai aspek pengajaran dan pembelajaran bahasa Indonesia. Fokus utama dari jurusan ini adalah membekali calon pendidik dengan pengetahuan mendalam tentang bahasa Indonesia, termasuk sastra, linguistik, dan unsur kebudayaan yang terkandung di dalamnya. Kamu akan diajak untuk mengeksplorasi keindahan dan kompleksitas bahasa Indonesia melalui pembahasan sastra, baik sastra klasik maupun kontemporer. Mereka juga akan mempelajari teori-teori linguistik yang membantu dalam pemahaman struktur dan evolusi bahasa Indonesia. Selain itu, pemahaman mengenai ragam bahasa, dialek, dan variasi bahasa Indonesia menjadi fokus penting agar mahasiswa dapat mengajarkan bahasa sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari. Keberagaman program studi dalam jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia memungkinkan kamu memilih bidang spesialisasi sesuai minat, seperti penulisan kreatif, penerjemahan, atau teknologi pembelajaran bahasa. Selain itu, kamu juga akan terlibat dalam praktik pengajaran di sekolah-sekolah sebagai bagian dari persiapan mereka untuk menjadi pendidik yang kompeten dan inovatif. Selain menjadi guru, lulusan juga dapat melibatkan diri dalam pengembangan kurikulum, penulisan, atau kegiatan pengembangan bahasa dan literasi di berbagai tingkat masyarakat. Dengan demikian, jurusan ini tidak hanya membentuk pendidik, tetapi juga agen perubahan dalam pelestarian dan pengembangan bahasa Indonesia sebagai identitas nasional yang bernilai tinggi.

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat