logo

D3 - KEPERAWATAN

Universitas Mercubaktijaya

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang D3 - KEPERAWATAN di Universitas Mercubaktijaya

Penyelenggaran Pendidikan Diploma III Keperawatan di Universitas Mercubaktijaya pada awal berdirinya diselenggarakan dengan didirikan Akademi Keperawatan MERCUBAKTIJAYA Padang oleh Yayasan MERCUBAKTIJAYA berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 00.60.1.1.1819 tanggal 21 Mei 1993. Kampus pertama Akper MERCUBAKTIJAYA Padang berlokasi di Jalan Sudirman Padang selama 2 tahun. Selanjutnya sesuai dengan situasi saat itu akhirnya kampus pindah ke Jalan Sawahan Padang selama 4 tahun. Pada tahun 1998 Akper MERCUBAKTIJAYA Padang pindah ke kampus yang sudah milik sendiri di Jalan Jamal Jamil Pondok Kopi Siteba Padang. Akademi Perawatan MERCUBAKTIJAYA Padang untuk operasionalnya dipimpin Direktur. Sesuai dengan tuntunan kualifikasi pendidikan tenaga kesehatan yang lebih mengarah kepada tenaga yang lebih professional, maka Yayasan MERCUBAKTIJAYA mengembangkan institusi pendidikan. Hal ini direalisasikan dengan melakukan perubahan bentuk dari Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) MERCUBAKTIJAYA Padang berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor.195/D/O/2005. Pada tanggal 9 Januari 2024 secara resmi STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang berubah bentuk menjadi Universitas Mercubaktijaya. Visi Menjadi Prodi D III Keperawatan yang Menghasilkan Ahli Madya Keperawatan yang berkarakter dan kompetitif serta unggul dalam pelayanan home care. Profil Lulusan Pemberi asuhan keperawatan, Pendidik klien, Pengelola dan pemimpin asuhan keperawatan, Peneliti

Program Studi D III Keperawatan Fakultas Kesehatan dan Sains Universitas Mercubaktijaya merupakan salah satu Prodi Vokasi yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Yayasan MERCUBAKTIJAYA pada tahun 1993 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 00.60.1.1.1819 tanggal 21 Mei 1993.

Visi:

Menjadi Prodi D III Keperawatan yang Menghasilkan Ahli Madya Keperawatan yang Berkarakter dan Kompetitif serta Unggul dalam Pelayanan Home Care

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan keperawatan yang berkarakter dan kompetitif dengan unggulan pelayanan home care
  2. Mengembangkan penelitian dibidang keperawatan untuk menghasilkan karya ilmiah dan publikasi yang berkualitas dengan unggulan pelayanan home care
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di bidang keperawatan dengan unggulan pelayanan home care
  4. Membangun sistem manajemen/tata kelola Prodi yang bermutu dan berkesinambungan

Kompetensi:

Capaian Pembelajaran Lulusan pendidikan Diploma III Keperawatan Indonesia meliputi sikap dan tata nilai, penguasaan pengetahuan/keilmuan, keterampuilan kerja umum, keterampilan kerja khusus yang dirumuskan menjadi 8 (delapan) yakni sebagai berikut:

  1. Mampu menunjukkan sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bangga sebagai bangsa Indonesia yang menjunjujng nilai kemanusian, etika, hukum, moral, dan budaya dalam memberika asuhan keperawatan (CPL.01)
  2. Mampu memahani ilmu keperawatan untuk melakukan asuhan keperawatan secara profesional dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan (CPL.02)
  3. Mampu melakuka komunikasi terapeutik dan menguasai keterampilan dasar keperawatan untuk melakukan asuhan keperawatan kepada klien melalui kerja tim (CPL.03)
  4. Mampu memberikan pendidikan kesehatan dalam asuhan keperawatan dengan mengembangkan keterampilan komunikasi dan memanfaatkan informasi ilmiah (CPL.04)
  5. Mampu memberikan asuhan keperawatan pada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat dengan mengutamakan keselamatan klien dan mutu pelayanan berdasrakan perkembangan ilmu dan teknologi keperawatan untuk meningkatkan kualitas asuhan keperawatan dengan memperhatikan prinsip caring sesuai kode etik profesi (CPL.05)
  6. Mampu berperan aktif dalam manajemen keperawatan dan bertanggungjawab atas pekerjaannya dalam pelayanan kesehatan dengan menggunakan prinsip-prinsip kepemimpinan dan manajemen keperawatan (CPL.06)
  7. Mampu menghasilkan karya ilmiah hasil dari asuhan keperawatan berdasarkan etik dan bukti ilmiah yang dapat digunakan untuk pengembangan kualitas pelanan keperawatan (CPL.07)
  8. Mampu meningkatkan keahlian dalam bidang keperawatan melalui pembelajaran sepanjang hayat (CPL.08)

Capaian Pembelajaran:

Capaian Pembelajaran Lulusan pendidikan Diploma III Keperawatan Indonesia meliputi sikap dan tata nilai, penguasaan pengetahuan/keilmuan, keterampuilan kerja umum, keterampilan kerja khusus yang dirumuskan menjadi 8 (delapan) yakni sebagai berikut:

  1. Mampu menunjukkan sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bangga sebagai bangsa Indonesia yang menjunjujng nilai kemanusian, etika, hukum, moral, dan budaya dalam memberika asuhan keperawatan (CPL.01)
  2. Mampu memahani ilmu keperawatan untuk melakukan asuhan keperawatan secara profesional dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan (CPL.02)
  3. Mampu melakuka komunikasi terapeutik dan menguasai keterampilan dasar keperawatan untuk melakukan asuhan keperawatan kepada klien melalui kerja tim (CPL.03)
  4. Mampu memberikan pendidikan kesehatan dalam asuhan keperawatan dengan mengembangkan keterampilan komunikasi dan memanfaatkan informasi ilmiah (CPL.04)
  5. Mampu memberikan asuhan keperawatan pada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat dengan mengutamakan keselamatan klien dan mutu pelayanan berdasrakan perkembangan ilmu dan teknologi keperawatan untuk meningkatkan kualitas asuhan keperawatan dengan memperhatikan prinsip caring sesuai kode etik profesi (CPL.05)
  6. Mampu berperan aktif dalam manajemen keperawatan dan bertanggungjawab atas pekerjaannya dalam pelayanan kesehatan dengan menggunakan prinsip-prinsip kepemimpinan dan manajemen keperawatan (CPL.06)
  7. Mampu menghasilkan karya ilmiah hasil dari asuhan keperawatan berdasarkan etik dan bukti ilmiah yang dapat digunakan untuk pengembangan kualitas pelanan keperawatan (CPL.07)
  8. Mampu meningkatkan keahlian dalam bidang keperawatan melalui pembelajaran sepanjang hayat (CPL.08)

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah adalah suatu program studi yang bertujuan mendidik calon guru untuk tingkat pendidikan dasar, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah. Kamu akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang khusus sesuai dengan kebutuhan pendidikan Islam pada tingkat awal perkembangan anak. Kamu juga akan diajarkan untuk memahami kurikulum pendidikan Islam, metode pengajaran yang efektif, serta strategi untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di tingkat pendidikan dasar. Program studi ini tidak hanya memberikan dasar-dasar umum pendidikan, tetapi juga menitikberatkan pada pemahaman mendalam terhadap nilai-nilai Islam dan metode pengajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Salah satu fokus utama jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah adalah pengembangan karakter dan moral siswa sesuai dengan ajaran Islam. Kamu akan didorong untuk menjadi panutan moral, memahami etika mengajar, dan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran sehari-hari. Kamu juga diajak untuk mengenali dan mengelola beragam kebutuhan belajar siswa, termasuk yang berkaitan dengan perkembangan kognitif, sosial, dan emosional. Dengan pengembangan keterampilan pedagogis yang kokoh, pemahaman mendalam terhadap prinsip-prinsip Islam, dan kesadaran akan nilai-nilai pendidikan Islam, lulusan jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah diharapkan menjadi tenaga pendidik yang berkualitas, menciptakan dampak positif dalam dunia pendidikan, dan berkontribusi dalam membentuk karakter generasi muda sesuai dengan ajaran agama Islam.

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat