logo

D3 - Keperawatan (Kampus Manokwari)

Poltekkes Kemenkes Sorong

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang D3 - Keperawatan (Kampus Manokwari) di Poltekkes Kemenkes Sorong

Jurusan Keperawatan adalah ilmu yang mempelajari cara memberikan pelayanan terhadap pasien guna mencapai derajat kesehatan yang optimal.

Prodi D3 Keperawatan Manokwari merupakan salah satu Prodi dari jurusan keperawatan Poltekkes Kemenkes Sorong yang merupakan Prodi di luar domisili yang terletak di Kabupaten Manokwari ibu kota Provinsi Papua Barat. Prodi D3 Keperawatan Manokwari dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai penyelenggara  Pendidikan Vokasi dengan level KKNI 5, dan  proses perkuliahan berlangsung selama 6 (enam) semester dengan beban  SKS 111 SKS, yang mempunyai keunggulan dalam pelayanan Home Care.

Visi:

Sebagai Institusi yang menghasilkan tenaga vokasional keperawatan yang berkompeten, mandiri, berperilaku caring, peka budaya, dalam pelayanan home care dan mampu bersaing di tingkat Nasional pada tahun 2024

Misi:

1.  Menyelenggarakan pendidikan keperawatan vokasional sesuai standar kompetensi dengan kekhususan
pelayanan home care, mandiri dan mampu bersaing secara lokal dan Nasional

2. Mendorong kemajuan penelitian dan publikasi ilmiah bagi dosen dibidang ilmu keperawatan di Jurnal Nasional
dan Internasional

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan menekankan pelayanan home care sesuai dengan
perkembangan ilmu keperawatan

4. Melaksanakan sistem menajemen Prodi D-III Keperawatan yang bersih, bertanggungjawab dan
transparan

5. Menjalin kemitraan dengan berbagai sektor dan institusi terkait, baik secara lokal, regional dan nasional dalam menyelenggarakan progam pendidikan

Kompetensi:

Sebagai perawat ahli madya yang memiliki kemampuan sebagai pemberi asuhan keperawatan (careprovider), pendidik klien (educator), pengelola dan pemimpin asuhan keperawatan (Manager and Leader), dan komunikator (Communicator)

Capaian Pembelajaran:

 

  1. Mampu menunjukkan sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bangga sebagai bangsa Indonesia yang menjunjung nilai kemanusiaan, etika, hukum, moral, dan budaya dalam memberikan asuhan keperawatan (CP 01)
  2. Mampu memahami ilmu keperawatan untuk melakukan asuhan keperawatan pada ibu dan anak dalam layanan home care secara professional dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan (CPL.02)
  3. Mampu melakukan komunikasi terapeutik dan menguasai ketrampilan dasar keperawatan untuk melakukan asuhan keperawatan kepada ibu dan anak alam layanan home care melalui kerja tim (CPL.03).
  4. Mampu memberikan Pendidikan kesehatan dalam asuhan keperawatan dengan mengembangkan ketrampilan komunikasi dan memanfaatkan informasi ilmiah (CPL.04).
  5. Mampu memberikan asuhan keperawatan pada individu, keluarga, kelompok, dan Masyarakat, khususnya pada ibu dan anak dalam layanan home care dengan mengutamakan keselamatan dan mutu pelayanan berdasarkan perkembangan ilmu dan teknologi keperawatan untuk meningkatkan kualitas asuhan keperawatan dengan memperhatikan prinsip caring sesuai kode etik profesi (CPL.05).
  6. Mampu berperan aktif dalam manajemen keperawatan dan bertanggung jawab atas pekerjaan yang dalam pelayanan kesehatan dengan menggunakan prinsip-prinsip kepemimpinan dan manajemen keperawatan (CPL.06)
  7. Mampu menghasilkan karya ilmiah hasil dari asuhan keperawatan ibu dan anak dalam layanan home care berdasarkan etik dan bukti ilmiah yang dapat digunakan untuk pengembangan kualitas pelayanan keperawatan (CPL.07)
  8. Mampu meningkatkan keahlian dalam bidang keperawatan melalui pembelajaran sepanjang hayat (CPL.08)

Biaya Kuliah

Cek beragam biaya kuliah di Program Studi ini mulai dari pendaftaran hingga biaya semesternya, yuk!

Penasaran dengan biaya kuliah di Poltekkes Kemenkes Sorong?
Untuk melihat info detailnya, daftar atau masuk ke Maukuliah dulu, yuk!
Masuk atau Daftar

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat